KEFAMANANU – Bupati TTU, Raymundus Fernandez meminta pihak Bawaslu Kabupaten TTU tidak menerjemahkan aturan secara sepihak. Hal ini diungkapkannya menanggapi pertanyaan wartawan terkait netralitas ASN.

Menurut Bupati Raymundus, ASN memiliki hak pilih dan diperbolehkan berada di arena kampanye untuk mendengarkan paparan visi misi dari Paslon.

ASN juga diperkenankan untuk foto bersama dengan Paslon, asalkan tidak menunjukkan simbol-simbol yang mengarah pada dukungan Paslon tertentu.

” Di undang-undang itu sudah ada pasal terkait penjelasan jadi Bawaslu jangan terjemahkan sendiri-sendiri lagi. ASN boleh berada ditempat kampanye asalkan tidak ikut berkampanye atau menyiapkan perlengkapan untuk kampanye. Kalau duduk atau berdiri dengar paparan visi misi Paslon tidak jadi masalah,” ungkap Raymundus.

Ia mengaku, saat ini dukungan ASN terpecah untuk semua Paslon. Bahkan, Bupati TTU dua periode ini mengaku memiliki bukti foto, video dan percakapan di group WhatsApp terkait dukungan ASN untuk Paslon tertentu.

” ASN ini terpecah dukungannya. Saya ada bukti semua,” ujar Bupati Raymundus.

Terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten TTU, Martinus Kolo menegaskan pihaknya tidak pernah menerjemahkan regulasi secara sepihak. Sejauh ini, pelaksanaan tugas Bawaslu sudah sesuai regulasi. Dirinya membenarkan jika ASN boleh berada di arena kampanye atau berfoto bersama dengan Paslon. Asalkan, ASN tersebut tidak boleh menunjukkan simbol yang mengarah pada dukungan Paslon tertentu, ikut berkampanye secara aktif dan menggunakan pakaian dinas.

” Selama ini kami bekerja sesuai regulasi. Kalau ada ASN yang ditindak itu karena ASN tersebut terlibat politik praktis,” tegasnya.

Terkait pernyataan Bupati Raymundus yang mengaku memiliki bukti percakapaan ASN di group WhatsApp, foto atau video yang mengarah pada dukungan Paslon tertentu, Kolo menghimbau agar Bupati Raymundus melaporkan hal tersebut ke Bawaslu TTU sehingga bisa ditindak sesuai regulasi.

” Kalau beliu ada bukti silakan lapor biar kami tindak secara tegas,” pungkasnya.

Sumber : pos-kupang.com

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *