Salah satu pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas adalah H Hendra Gunawan dan H Mulyana atau yang biasa disebut H2G Mulya. Paslon ini mendapatkan nomor urut 2 pada Pilkada Musi Rawas 2020. Berikut profil keduanya.

Dia lebih terlihat sebagai sosok pemikir dibandingkan politikus. Namun di balik kesahajaannya, tersembunyi jiwa kepemimpinan yang kemudian mengantarkan sosok birokrat ahli perencanaan ini memimpin Kabupaten Musi Rawas.

Dia adalah H Hendra Gunawan, yang dikenal (H2G) Bupati Musi Rawas. Putra kedua dari pasangan H Ishak Sani dan Hj Nurleli (almarhumah) yang dilahirkan di Lubuklinggau, 29 Juli 1964.

Ayahnya juga dikenal sebagai birokrat dan pernah menjabat Sekretaris Daerah Musi Rawas dan Ketua DPRD Musi Rawas, hingga menjadi anggota DPRD Provinsi Sumsel pada masanya.

Pasangan dari dr Hj Noviar Marlina Gunawan ini selama ini dikenal sebagai birokrat.

Dia memulai karirnya di pemerintahan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Rawas.

Hampir sepanjang karirnya sebagai birokrat Aparatur Sipil Negara (ASN) dihabiskan di Bappeda.

Hingga tak salah jika dia dijuluki sebagai ahli perencanaan di bidangnya.Jabatan pertamanya di Bappeda Musi Rawas adalah Kasi Pertanian pada1991.

Dua tahun kemudian, yaitu 1993, jabatannya meningkat jadi Kabid Ekonomi Bappeda Musi Rawas.

Selama lebih kurang satu tahun, jabatannya kembali naik menjadi Sekretaris Bappeda pada 1994 sampai dengan 2001.

Pada 2001, dia bergeser dari Bappeda dan menjabat sebagai Kabag Ekonomi dan Pembangunan Setda Musi Rawas.

Satu tahun kemudian, dia dipercaya menjabat sebagai Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Musi Rawas pada 2002. Pada tahun yang sama, jabatannya bergeser kembali dan menjadi Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Rawas yang dijabatnya hingga 2004

Pada 2004, dia kembali ke habitatnya sebagai ahli perencanaan, dan menjabat sebagai Kepala Bappeda Kabupaten Musi Rawas yang dijabatnya selama lebih kurang enam tahun.

Setelah malang melintang lebih kurang sekitar 20-an tahun sebagai birokrat di pemerintahan, ayah dari Vidro Alif Gunawan, Septrian Nugraha Gunawan, Riandri Lingga Gunawan dan Rahma Rianti Arafah Gunawan ini putar haluan terjun ke kancah politik.

Pada 2010, dia mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Musi Rawas berpasangan dengan Bupati Ridwan Mukti.

Pasangan ini menang Pilkada dan mengantarkan Hendra Gunawan menjadi Wakil Bupati Musi Rawas 2010 – 2015.

Sehabis masa jabatannya sebagai Wakil Bupati Musi Rawas, pada 2015, dia kembali mengikuti suksesi politik.Kali ini, posisi yang diambilnya adalah sebagai bupati berpasangan dengan wakilnya Hj Suwarti.

Pada perhelatan pilkada 2015 ini, Hendra Gunawan kembali menang, dan mengantarkannya menjadi Bupati Musi Rawas periode 2015 – 2020 yang masih dijabatnya sampai saat ini.

H Hendra Gunawan (H2G) sudah memutuskan memilih H Mulyana sebagai pendampingnya (calon wakil bupati) di Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Musi Rawas 2020. Siapakah H Mulyana sehingga dipilih oleh calon petahana Kabupaten Musi Rawas untuk mendampinginya ini?

lahir 24 Juli 1962 di Sleman, Jogjakarta dan sudah lama menetap di Kabupaten Musi Rawas dengan alamat Kelurahan P2 Purwodadi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musi Rawas.

Riwayat pendidikannya, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Susukan I Mlati Sleman tahun 1976. Kemudian melanjutkan di SMP Muhammadiyah Gendol Sleman angkatan 1980 dan pada tahun 1983 menamatkan pendidikan di PGA Negeri Yogyakarta.

Memasuki tahun 1984, dia hijrah ke Kabupaten Musi Rawas dan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai guru agama Islam di SDN Purwodadi Kabupaten Musi Rawas. Kurang lebih 10 tahun menjadi guru, dia kemudian diangkat menjadi Kepala Sekolah di tempatnya mengajar tersebut, dari 2003 – 2012.

Selanjutnya pada 2012 – 2019, H Mulyana diangkat menjadi Pengawas Bidang Study Agama Islam, di kecamatan Tugumulyo, Purwodadi, Sumber Harta dan Kecamatan Megang Sakti. Dan pada  2019 – 2020, diangkat menjadi Pengawas Guru Agama di Kecamatan Purwodadi dan Kecamatan Megang Sakti.

Selain mengabdi sebagai seorang guru, H Mulyana juga aktif di bidang koperasi. Pada 1985 – 1986, terdaftar sebagai anggota Koperasi RIAS di P1 Mardiharjo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musi Rawas. Setahun kemudian dia menjadi pengurus dan kemudian diangkat sebagai panitia kredit di koperasi tersebut. Beberapa jenjang karier di koperasi RIAS pernah diembannya, hingga akhirnya pada tahun 2005 sampai sekarang dia menjadi Manajer Koperasi KSP RIAS.

Sementara itu, saat dimintai tanggapan karena dipilih oleh H Hendra Gunawan untuk menjadi pasangan pada Pilkada Kabupaten Musi Rawas 2020, H Mulyana mengatakan, dia berterima kasih atas kepercayaan tersebut.

“Kami terima kasih kepada pak Hendra yang percayai kami untuk Musi Rawas (jadi wakil) dan terimakasih juga kepada masyarakat Musi Rawas yang percayai kami untuk dampingi pak Hendra,” kata H Mulyana.

Dikatakan, saat diminta untuk menjadi wakil dari H Hendra Gunawan, dia sudah menghimpun keluarga besarnya. Dan menurutnya, keluarganya sudah merestui keputusannya untuk mendampingi H Hendra Gunawan. “Restu isteri itu yang pertama, anak, keluarga dan sahabat sudah kami kumpulkan, tinggal mengambil langkah selanjutnya,” katanya.

Menurutnya, dia bersedia untuk berpasangan dengan H Hendra Gunawan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan. Antara lain, sosok H Hendra Gunawan menurutnya sosok yang baik dan memiliki kemiripan dengan kepribadiannya.

“Pak Hendra bagus. Hampir sama dengan kami, pikirkan kemaslahatan umat, berjuang tingkatkan ekonomi kerakyatan, tak bedakan suku agama dan golongan. Mudah-mudahan Allah meredoi langkah kami ini untuk membantu pak bupati,” katanya.

Sumber : linggaupos.co.id

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *