BLITAR – Dua Bakal Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Pilkada Blitar 2020 dinyatakan lolos tes kesehatan jasmani dan rohani.

Keduanya tinggal menunggu penetapan sebagai Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota oleh KPU Kota Blitar pada Rabu (23/9/2020).

Kedua Bakal Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Pilkada Blitar yang dinyatakan lolos yaitu, Santoso-Tjutjuk Sunario dan Henry Pradipta Anwar-Yasin Hermanto.

Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Teknis, Hernawan Miftakhul Khabib mengatakan kedua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon)  sudah mengikuti tes kesehatan jasmani dan rohani di RSUD dr Saiful Anwar Malang.

Hasilnya, tim kesehatan RSUD dr Saiful Anwar Malang menyatakan kedua bakal pasangan calon memenuhi syarat untuk menjadi Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Pilwali Blitar 2020.

“Tim kesehatan RSUD dr Saiful Anwar menyatakan kedua bakal pasangan lolos tes kesehatan jasmani dan rohani,” kata Khabib, Minggu (20/9/2020).

Dikatakannya, saat ini, KPU Blitar masih melakukan verifikasi perbaikan syarat calon. Kedua bakal pasangan calon sudah menyerahkan berkas perbaikan syarat calon.

Hasil verifikasi perbaikan syarat calon akan diumumkan sehari sebelum penetapan sebagai calon.

“Kalau hasil verifikasi perbaikan syarat calon dinyatakan memenuhi syarat, KPU akan melakukan penetapan calon pada Kamis (23/9/2020),” ujarnya.

Menurutnya, untuk bakal calon dari anggota DPRD harus melengkapi berkas surat pengunduran diri dari jabatan sebagai anggota dewan.

Berkas surat pengunduran diri dari jabatan anggota dewan diserahkan maksimal lima hari setelah penetapan sebagai calon.

“Untuk calon anggota DPRD harus menyerahkan berkas surat keterangan pengunduran diri maksimal lima hari setelah penetapan sebagai calon,” katanya.

Sekadar diketahui, ada satu bakal calon dari anggota DPRD di Pilwali Blitar.

Bakal calon dari anggota DPRD itu, yakni, Yasin Hermanto yang menjadi wakil dari bakal calon wali kota, Henry Pradipta Anwar.

sumber : tribunjatim.com

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *